8 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Jerawat merupakan masalah kulit yang memiliki tanda dan gejala seperti bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, yakni wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Pada umumnya bintik-bintik yang tergolong parah tersebut akan meninggalkan bekas luka.

Pada umumnya jerawat memang muncul di bagian wajah. Selain itu jerawat juga merupakan kondisi yang umum dialami oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Lantas apa sih sebenarnya faktor-faktor penyebab yang bisa menimbulkan jerawat?

Hasil gambar untuk acne

Faktor-Faktor Penyebab Jerawat

  1. Kurangnya asupan bergizi

Penyebab tumbuhnya jerawat bisa disebabkan oleh kurangnya konsumsi sayur dan buah. Nutrisi yang terkandung di sayur dan buah ini adalah nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan serta kecantikan kulit. Nutrisi ini juga bisa mencegah tumbuhnya jerawat.

  1. Kurang konsumsi air putih

Tahukah Anda bahwa beberapa study menyebutkan jika konsumsi air putih yang kurang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan serta kecantikan. Dan salah satu masalah tersebut adalah tumbuhnya jerawat.

  1. Penumpukan darah kotor

Adanya penumpukan darah kotor dalam tubuh bisa juga menyebabkan timbulnya jerawat. Penumpukan darah kotor bisa terjadi karena menderita penyakit tertentu atau karena siklus menstruasi yang tidak teratur.

  1. Konsumsi coklat yang berlebihan

Hasil gambar untuk eating chocolate too much

Bagi beberapa orang, konsumsi cokelat yang berlebih akan rentan menyebabkan tumbuhnya jerawat di tubuh. Walaupun cokelat sebenarnya adalah makanan yang sehat dan baik bagi tubuh. Namun jika coklat dikonsumsi secara berlebihan maka justru akan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

  1. Adanya faktor keturunan atau genetik

Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Jika orang tua memiliki riwayat penyakit jerawat, maka bukan tidak mungkin akan menurun ke anak atau cucu lho.

  1. Hormon yang tidak seimbang

Adanya aktivitas peningkatan atau penurunan hormon. Biasanya, hal ini lebih sering terjadi pada cewek. Khususnya, saat para cewek sedang datang bulan atau menstruasi.

  1. Faktor Usia

Jerawat memang bisa muncul karena pengaruh usia. Pada umumnya, mereka yang mengalami masalah jerawat adalah remaja. Namun, jerawat banyak juga dididerita oleh mereka yang berusia di antara 15 tahun sampai 30 tahun.

  1. Adanya penyumbatan pori-pori

Apabila Anda tidak disiplin dalam membersihkan kulit wajah atau kulit tubuh lain dengan baik maka muncul potensi kulit menjadi kotor, kusam dan pori-porinya tertutup. Ketika pori-pori tersebut tertutup, hal ini bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat lebih mudah atau masalah kulit lainnya.

  1. Penggunaan kosmetik yang berlebihan

Hasil gambar untuk cosmetics

Pemakaian kosmetik yang berlebihan dan jarang dibersihkan setelahnya, tentu dapat menimbulkan banyak jerawat yang tumbuh di wajah atau kulit lainnya. Selama ini, kosmetik memang menjadi penyebab utama tumbuhnya jerawat di tubuh. Kandungan zat kimia yang terdapat di dalam kosmetik bisa memicu pertumbuhan jerawat dengan mudah dan cepat.

Dengan mengetahui faktor pemicu tumbuhnya jerawat, maka Anda bisa kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan jerawat sebagai upaya pencegahan. Akan tetapi, bila wajah atau beberapa bagian tubuh Anda yang lain sudah terlanjur timbul jerawat. Berikut ini adalah upaya untuk menghilangkan jerawat secara alami agar Anda pun bisa lebih percaya diri.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Ada banyak sekali cara menghilangkan jerawat. Mulai dari facial di salon hingga produk-produk perawatan wajah. Namun ada juga cara alami tentunya dengan menggunakan bahan-bahan yang alami pula. Berikut adalah cara menghilangkan jerawat secara alami:

  1. Bawang Putih

8 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Caranya adalah ambil 1 siung bawang putih besar yang sudah dikupas. Haluskan kemudian letakkan pada jerawat selama 20 menit. Walaupun bawang putih memiliki bau yang menyengat, tetapi cukup ampuh untuk mengatasi bakteri dan menyembuhkan dalam waktu yang cepat.

  1. Tomat

Belah tomat menjadi 2-4 bagian. Lalu usapkan sari dan dagingnya pada kulit Anda 1-2 kali sehari. Tomat pun berfungsi sebagai astringent. Yakni mampu melindungi kulit dari radiasi matahari serta mengandung anti oksidan. Tomat sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari cara ampuh mengusir jerawat.

  1. Putih Telur

Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur adalah dengan menjadikan masker yang dioleskan pada wajah yang berjerawat. Alangkah lebih baik jika Anda menepukkan sari lemon pada wajah terlebih dulu, kemudian biarkan mengering. Setelah itu lapisilah dengan masker putih telur semalaman. Masker putih telur ini juga bisa mengatasi flek hitam pada wajah.

  1. Baking Soda

Baking soda ternyata dapat menetralkan keasaman kulit sehingga bakteri penyebab jerawat tidak mampu hidup lama pada wajah anda. Tidak hanya membunuh bakteri, baking soda juga dapat mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori – pori yang tersumbat serta menyerap minyak berlebih. Caranya dengan membuat masker baking soda yang dicampur dengan air terlebih dahulu. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

  1. Lemon

Hasil gambar untuk lemon

Buah lemon memang buah yang terkenal akan manfaatnya yang banyak. Buah yang sangat kaya dengan kandungan vitamin c ini sangat ampuh membasmi jerawat yang timbul dan besar. Air perasan lemon sangat ampuh untuk mengecilkan jerawat dengan cepat.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah buat air perasan lemon sendiri ya. Dan hindari air lemon botolan karena mengandung bahan kimia. Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat adalah dengan memeras 1-2 buah lemon. Sebelum tidur, usapkan ke seluruh wajah yang berjerawat. Diamkan hingga keesokan harinya. Setelah bangun tidur, cuci muka hingga bersih.

  1. Jeruk Nipis

Buah yang satu ini hampir sama dengan buah lemon, jeruk nipis juga sangat cepat membantu menghilangkan jerawat. Cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat adalah dengan air perasannya. Langkah pertama adalah peras air jeruk nipis sebanyak 1-2 sendok kemudian campurkan air perasan tersebut dengan madu. Bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu oleskan jeruk nipis pada area yang bererawat. Diamkan selama 10-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

  1. Minyak Bulus

Gambar terkait

Dari sekian cara alami untuk menghilangkan jerawat, bisa dibilang minyak bulus merupakan cara yang paling ampuh dan praktis. Anda tidak perlu meramu lagi, karena minyak bulus sudah dimasukkan ke dalam botol, dan Anda tinggal hanya menuangkannya saja.

Pemakaiannya pun sungguh hemat, dengan 1 botol kecil minyak bulus bisa digunakan sampai 2 minggu pemakaian. Minyak bulus memang sudah terkenal sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Selain itu cara pembuatan minyak bulus masih sangat tradisional sehingga sangat aman dan alami bagi wajah.

Dengan begitu penggunaan minyak bulus tidak akan menimbulkan efek sampik dan tidak akan menimbulkan ketergantungan.Cara pemakaian minyak bulus untuk wajah yang berjerawat sangatlah mudah.

Pertama bersihkanlah wajah dari minyak, kotoran, serta sisa make-up dengan sabun khusus wajah. Kemudian oleskan beberapa tetes minyak bulus secara tipis dan merata pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit, dan dibersihkan. Lakukan cara diatas secara rutin hingga mendapatkan hasil maksimal.

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dan Alami

Jerawat memang menjadi faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri. Apalagi jika sampai meninggalkan bekas pada wajah, sehingga beragam cara menghilangkan bekas jerawat akan di lakukan. Hampir sebagian besar wanita menganggap bahwa penampilan adalah yang terpenting. Siapa sih wanita yang tidak ingin tampil cantik dengan wajah bersih, cerah dan tanpa jerawat?

Lalu bagaimana jika bekas jerawat tak kunjung hilang? Padahal sudah berbagai produk kecantikan dicoba namun hasilnya tetap saja nihil. Di zaman sekarang ini juga sudah banyak produk-produk perawatan wajah yang mengklaim bisa menghilangkan bekas jerawat. Namun, khasiatnya yang dihasilkan belum tentu sesuai dengan iklannya.

Cara alternatif yang bisakamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah cara yang alami. Cara yang alami bisa memperkecil kemungkinan efek samping untuk wajah kamu. Cara alami juga tidak membuat kamu ketergantungan untuk memakainya secara terus menerus. Berikut ini ada beberapa cara alami menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dan Alami

  1. Masker Putih Telur

Tahukah kamu bahwa putih telur tidak hanya bisa untuk menghilangkan bekas jerawat? Tetapi juga bisa untuk menutrisi kulit kamu sehingga bisa membersihkan flek hitam akibat jerawat. Dengan menggunakan masker putih telur, maka sel kulit baru pada wajah akan terbentuk. Sehingga wajahmu akan tampak lebih awet muda. Nah, kamu juga bisa melakukan perawatan wajah dengan masker putih telur untuk mencegah datangnya masalah pada kulit wajah.

Cara membuat masker telur untuk menghilangkan bekas jerawat dan perawatan kulit sangatlah mudah. Ambillah 1 butir telur ayam, usahakan telur ayam kampung yang masih alami ya. Pisahkanlah kuning dan putihnya dan kocoklah bagian putih telur hingga berbusa. Kemudian oleskanlah pada wajah. Untuk menghilangkan bau amis, kamu bisa menambah sedikit perasan jeruk nipis. Gunakanlah masker putih telur ini pada malam hari sebelum tidur, minimal 3 kali dalam seminggu ya.

  1. Bawang putih

Pada umumnya, bawang puth memang digunakan untuk bumbu masakan. Akan tetapi tahukah kamu bahwa bawang putih juga bisa dimanfaatkan di bidang kecantikan? Salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawatnya. Pada bawang putih terdapat kandungan antiseptik. Sehingga mampu melawan bakteri akibat jerawat dan bisa menyembuhkan luka atau akibat jerawat di wajah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bawang putih pun cukup mudah. Kamu bisa menghaluskan bawang putih. Setelah itu oleskanlah pada bagian yang terdapat jerawat ataupun pada bekas jerawatnya. Diamkanlah selama 20 menit. Meskipun aroma bawang putih kurang sedap, namun bisa memberi efek yang baik untuk kulit lho.

  1. Lidah Buaya

Hasil gambar untuk masker lidah buaya

Tanaman lidah buaya dapat dicoba sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan lidah buaya dipercaya bisa memberik efek untuk membantu memudarkan bekas jerawat. Bukan hanya itu, lidah buaya juga bisa membantu meremajakan serta melembabkan kulit.

Cara menggunakan lidah buaya ini adalah dengan menempelkan gel lidah buaya ke bagian bekas jerawat pada wajahmu. Kemudian diamkan selama 20 menit dan tidak perlu dibilas. Apabila bekas jerawat kamu agak parah, tambahkan 2 tetes minyak pohon the pada gel lidah buaya. Hal ini bertujuan untuk menjadikan kulit bekas jerawat menjadi lebih cerah.

  1. Baking soda

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dan Alami

Manfaat baking soda yaitu untuk mengelupas kulit sekaligus untuk membantu memudarkan bekas jerawat. Namun, jika di awal pemakaian kamu merasa baking soda tidak cocok wajah, maka jangan lantas diteruskan ya.

Ini dia cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat. Pertama ambillah dua sendok baking soda kemudian campurkan dengan dua sendok teh air. Lalu aduk hingga membentuk pasta. Gunakanlah pasta ini untuk menggosok wajah dengan gerakan yang melingkar. Gosoklah di bagian bekas jerawat kamu. Lakukan gerakan tersebut selama dua menit. Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih.

  1. Masker Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang biasanya kamu buang itu ternyata bagus untuk perawatan wajah lho. Kandungan pada kulit jeruk terbukti sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, debu dan kotoran yang menempel di wajah kamu. Dengan begitu bisa membuat kulit tampak bersih dan bebas dari noda akibat bekas jerawat.

Cara membuat masker kulit jeruk adalah ambillah kulit jeruk lalu potong kecil-kecil. Kemudian jemur hingga kering dan tumbuk halus hingga menjadi tepung. Tambahkan sedikit air dan diaduk rata. Masker kulit jeruk pun siap untuk kamu oleskan pada seluruh wajah. Diamkan wajah yang sudah dioles masker selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Kamu bisa menggunakan masker kulit jeruk ini pada malam hari sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar noda yang terdapat dalam pori-pori kulit bisa terangkat serta kulit wajah anda bebas dari jerawat dan bekasnya.

  1. Mentimun

Mentimun dipercaya bisa menghilangkan bekas jerawat. Pada mentimun terdapat kandungan Vitamin E dan anti oksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan kulit. Apabila kulit sering terkena asap rokok atau radiasi maka akan rentan terhadap jerawat sehingga bisa menimbulkan  jerawat.

Lantas bagaimana cara membuat mentimun untuk menghilangkan bekas jerawat? Nah ini dia caranya. Ambil sedikit madu sebagai pelengkap untuk membuat masker alami dengan mentimun. Kemudian siapkan 1 buah mentimun lalu haluskan dengan blender dan campurkan 2 sendok madu alami. Aduk rata lalu oleskan pada wajah kamu. Diamkan selama 20 menit dan basuh dengan air hangat. Akan lebih baik jika digunakan pada malam hari ya.

  1. Minyak bulus

Minyak bulus memang sudah terpercaya bisa menghilangkan jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Selain itu minyak bulus merupakan cara alami yang sangat mudah dan praktis untuk kamu lakukan. Kamu tidak perlu repot-repot meramunya dengan berbagai cara. Cukup meneteskan beberapa tetes dan oleskan secara tipis dan merata pada bekas jerawatmu. Lakukan cara tersebut sebelum tidur di malam hari, dan bilas dengan air bersih di pagi harinya.

Dengan melakukannya secara rutin maka kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Anda pun tidak perlu merasa khawatir. Karena minyak bulus dibuat dengan metode yang masih sangat alami maka tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya pada wajah kamu.

Selain itu, hasil yang didapatkan dari minyak bulus juga tidak akan selama jika kamu menggunakan cara-cara alami yang lain. Kamu juga cukup menggunakannya sekitar 2-4 minggu untuk mendapati bekas jerawat yang benar-benar hilang. Jangan lupa untuk memilih minyak bulus yang asli agar kamu benar-benar bisa merasakan manfaatnya.

Minyak bulus yang asli bisa digunakan selama 2 minggu untuk 1 botolnya. Sangat hemat dan sungguh praktis bagi kamu yang ingin bekas jerawat pada wajah hilang. Selain itu, mnyak bulus juga bisa membuat kamu lebih sehat jika kamu menggunakannya sebagai masker di kulit wajah.

 

Penelusuran terbaru : adakah letak minyak angin di bekas jerawat yang pecah akan menyembuhkan muka yang penuh dengan bekas jerawat telah dipicit, cara cepat menghilangkan bekas jerawat, ilangin bekas jerawat yg cepet com